Minggu, 27 Februari 2011

thumbnail

Part 3 – Mboten artinya apa sih ?


Untuk kalian yang bisa bahasa jawa mungkin dengan mudah menjawab ini. Tapi gue sebagai masyarakat baru di lingkungan purwokerto dengan bahasa jawanya yang khas itu, masih belum terbiasa bahkan kagak ngerti sama sekali tentang bahasa jawa. Bukan nya gak cinta budaya Indonesia, tapi emang susah banget ngehapal nya. Dari dulu sampe sekarang yang gue tau dan paham cuma mboten, metu, saiki, ora, dan sopo.
Oke lets to the story singkat cerita gue dan kelompok gue lagi ngerjain tugas PIP di suatu desa di kabupaten banyumas, ngerjain tugas pengamatan tentang data-data pertanian dan tentang masalah yang dihadepin petani terhadap bidang pertanian bukan tentang bayar utang petani atau buat makan sehari hari mereka.
Lalu kita bergegas ke kantor kepala desa tersebut setelah mendapatkan kertas rekomendasi dari pihak kampus untuk melakukan pengamatan, ya bagaikan agen rahasia kami menggunakan seragam kebanggaan kami. Bedanya kalo agen rahasia bawa senjata beneran, kali ini sejata gue cuma dompet kosong  dan hape jadul yang pernah ke ujanan pas makrab bezper (next part gue ceritain itu kejadian).
Ya anggap saja kami sudah sampai ke tempat tujuan tanpa nyasar, ya walau faktanya gue harus sedikit muter muter dan  sedikit nyasar serta nanya ke warga sekitar dimana desa tujuan gue. Ceritanya udah di depan kecamatan nih gue, langsung siap siap rapihin baju serta rapihin tampang gue. Pliss deh jangan ngatain muka gue acak acak an. Walau muka gue gini yang penting anak kesayangan mamah gue nih.
Gue parkir motor lalu cari deh itu kepala desa, trus ngomong ngomong gitu setsettsettt akhirnya kita disuruh duduk. Gue disini cuma berdua sama temen gue nanda karna si gilang lagi nganterin ceweknya ke desa lain dan beta itu telat (kalo kagak salah). Sekarang tugas gue adalah interview ini orang untuk menggali informasi yang mendalam sedalam dalamnya tentang tugas gue. yaitu pengamatan pertanian. Jawaban yang dia omongin sih gue masih paham, karna dia menjawab dengan bahasa Indonesia. tapi pada pertanyaan terakhir, ini pertanyaannya. “Pak ada berapa jumlah kelompok tani di desa ini?” , Lalu bapak itu menjawab “pitu”. Sontak gue dan temen temen bingung tapi tetep stay cool, padahal sambil mikir dan ngitung sebenernya berapa angka yang disebutin bapak tadi. “siji loro telu papat ?????” what thee fool !! gue cuma bisa ngitung pake bahasa jawa sampe 4. Temen gue sebelah gue juga bingung karna emang sama sama gak tau. Untung bapak tadi punya indra ke enam yang bisa ngerti kalo kita emang kagak ngerti berapa angka misterius tersebut. Ternyata angka misterius itu adalah 7. Yeahh at last I know that !! Selesai interview kami minta foto in di depan kantor kepala desanya. Akhirnya si beta dateng dan ikutan untuk foto foto. Nah gue bingung, siapa yang fotoin nih. Kan gak mungkin salah satu dari kita yang fotoin, karna persyaratannya foto mahasiswa nya harus termasuk bareng sama foto gedung kantor kadesnya. Nah untung ada anak kecil lagi ngisep es mambo karna disebelah itu ada SD. Lalu minta tolong deh sama anak kecil itu untuk fotoin kita. Dan setsettsettt beres deh. Karna gak enak sama anak kecil tadi udah nolongin kita, maka kita sepakat ngasih anak tadi 5000 rupiah untuk beli es mambo ampe puyeng dia ngenyot itu es. Salam salaman sama bapak bapak di kantor kades untuk pamitan lalu nyari petani untuk di interview.
Berjalan ke arah  selatan kita lihat ada petani muda yang lagi panen sayur, entah sayur apa kagak liat sih gue. lalu kita minta waktu ke petani muda tersebut untuk interview, tapi sayangnya dia malah ngomong pake bahasa jawa kurang lebih artinya gini “saya lagi sibuk banget nih,kalo ada rokok 1 bungkus mungkin saya bisa” wah sontak langsung temen gue bilang “yaudah mas makasih”. Mental masyarakat Indonesia sudah mulai bobrok karna sukanya suap suapan, segala sesuatu tentang uang. Damn !!
Lupain deh yang tadi, gue sama temen gue nyari petani lain untuk di interview. Kita lewat kebon gitu dan ada kakek kakek yang senyum senyum di pinggir jalan, ramah banget gue pikir dalem otak tapi sebelumnya gue gak ada pikiran untuk interview itu kakek. Tapi lewat beberapa puluh meter si nanda saranin untuk kakek itu aja yang di wawancara. Akhirnya kita balik lagi, tapi kok kakek itu ilang ?? jangan jangan ?? ohh shitt pikiran aneh di otak gue mulai keluar. Tapi untungnya kakek itu ada, lagi di dalem kebon dan kayaknya dia yang punya kebon. Ya otomatis gue minta ijin untuk wawancara kakek itu. Banyak pertanyaan yang dilontarkan si beta pake bahasa jawa (karna dia orang rembang), dan anehnya jawaban yang sering keluar dari mulut kakek itu adalah mboten. Gue mikir dalam hati, apa ya artinya mboten. Mungkin itu sejenis kiasan atau jenis tumbuhan yang sering tumbuh di daerah sini. Tapi daripada penasaran selesai wawancara itu gue nanya sama si beta, “bet mboten itu artinya nya apa sih?” kata dia artinya bukan. Tapi gue bingung kok jawabnya bukan terus, emang lu ngapain bet. Kata beta setiap dia ngejawab gitu, dia salah mulu makanya si kakek sering ngomong mboten. Alhasil gue ngakak dalem hati sambil guling gulingan karna gak habis pikir salah tebak jawaban jadi nya gitu. Ya kita pamit sama kakek itu, dan menjuluki nya sebagai “Petani Berbaju Biru” karna emang baju yang dia pake warnanya biru, dia bukan superman yang pake baju biru dengan tulisan S di dadanya dan sayap merah di punggung nya. Tapi dia superhero penyelamat tugas gue dengan celurit ditangan kiri nya. Bersyukur akhirnya tugas gue tinggal di ketik dan print dan all done. Thxx Petani berbaju biru, u’r my hero !!
Lalu cerita ini berakhir dengan tenang dan bahagia selamanya (kayak cerita drama romantic gitu)  
Sekian deh untuk bagian ini. Bingung juga gue inget inget pengalaman itu, udah lama banget sih. Makasih udah mau baca tulisan gue.
Salam Hangat
Fermi Mirza

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments