Senin, 29 September 2014

thumbnail

Pemanfaatan Lahan Pekarangan dengan Berbagai Jenis TOGA

Selamat malam gaes, seperti yang telah saya beritahu sebelumnya kali ini saya akan mengulas tentang jenis-jenis tanaman yang ada pada TOGA. Berikut ini ulasan saya mengenai Pemanfaatan Lahan Pekarangan dengan Berbagai Jenis TOGA yang dirangkum dan digabung dari berbagai sumber, silahkan dinikmati.

Pemanfaatan Lahan Pekarangan dengan Berbagai Jenis TOGA

1. Kencur

Manfaat rimpang kencur sebagai bumbu penyedap juga sebagai obat tradisional. Tahap budidaya nya yaitu pemilihan bibit, ada 2 cara. Cara pertama langsung tanam yaitu rimpang segar setelah dipotong-potong sepanjang 4 Cm lansung ditanam dilahan atau media tanam tanpa disimpan dulu. Cara kedua ditunaskan dulu yaitu rimpang setelah dipotong-potong 4 Cm disimpan dalam gudang 1 sampai 2 minggu (sampai tunas bermunculan), ruang tempat penyimpanan harus kering, tidak panas dan tidak terlindung. Rimpang dihamparkan (tidak bertumpuk) di atas rak kayu atau bambu. Bibit yang baik mempunyai 2-3 buah mata tunas.

Panen pada umur 6-8 bulan, panen sebaiknya dilakukan dalam waktu yang singkat. Biasanya bila setelah cukup panen ditandai dengan daun menguning dan akhirnya gugur. Panen dapat ditunda sampai musim berikutnya karena tidak akan ada efek buruk terhadap rimpang namun jika ditunda sampai musim berikutnya lagi kemungkinan rimpang akan membusuk dan kadar patinya menurun. 

2. Kunyit

Agar mendapatkan bibit yang baik harus dipenuhi persyaratan yaitu berasal dari tanaman induk berumur 12 bulan, sehat atau tidak cacat, rimpang dipotong-potong dan setiap potongan memiliki minimal 2 mata tunas. Tahap budidayanya yaitu buat lubang tanaman berukuran panjang 10 Cm, lebar 10 Cm, dengan kedalaman 10 Cm. Biarkan terbuka selama seminggu, lalu campur tanah galian dengan pupuk kandang (3 : 1). Masukkan media tanam dan tunggu seminggu lagi, baru kemudian bibit ditanam. Kemudian diberi pupuk organik agar hasil tanaman lebih baik karena untuk konsumsi pribadi, masukkan pupuk ke dalam tanah melingkari batang pokok di bawah tajuk tanaman.



sementara itu dulu ya, ngantuk zzzzzzzz


Sumber :

http://budidayatanamanobat.blogspot.com/

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments