Senin, 29 September 2014

thumbnail

Pemanfaatan Lahan Pekarangan Rumah untuk TOGA

Selamat malam gaess, kali ini saya ingin mengulas tentang Pemanfaatan Lahan pekarangan rumah untuk tanaman toga. Banyak sekali manfaat dari tanaman toga dari segi kesehatan maupun pelengkap dapur keluarga anda. Prinsip budidaya TOGA cukup sederhana, yaitu menanam tanaman yang bermanfaat bagi keluarga anda di pekarangan rumah. Berikut ulasan Pemanfaatan Lahan Pekarangan Rumah untuk TOGA yang saya rangkum dari berbagai macam sumber, silahkan dinikmati.

Pemanfaatan Lahan Pekarangan Rumah untuk TOGA

Tahap pertama yaitu persiapan lahan, tanah dibersihkan dari gulma dengan cara dicangkul sedalam 25-35 cm atau 20-30 cm dengan ukuran 30 x 30 cm untuk menggembukan lapisan top soil dan mengembalikan kesuburan tanah, kemudian diistirahatkan selama 1-2 minggu agar gas-gas beracun dalam tanah menguap dan bibit penyakit atau hama mati terkena sinar matahari. Kemudian membentuk bedengan dengan jarak antar bedengan yaitu 50 cm, sedangka untuk panjang disesuaikan.

Tahap kedua yaitu penanaman bibit (disarankan bibit, bila masih benih lebih baik disemai terlebih dahulu agar dapat bertahan di alam), Pembuatan Lubang Tanam dibuat sesuai dengan tanaman yang akan di tanam dengan kedalaman 60 cm. Waktu penanaman sebaiknya dilakukan pagi atau sore hari. Hal ini dilakukan untuk mengurangi laju transpirasi tanaman yang berlebihan. Penanaman dalam bedengan disesuaikan dengan jarak tanam tanamnannya agar perakaran tanaman tersebut dapat dengan leluasa menyerap nutrisi dalam tanah sehingga pertumbuhannya optimal. Selain itu jarak tanam yang teratur akan memudahkan perawatan.

Tahap ketiga yaitu pemeliharaan, tanaman akan tumbuh dengan optimal bila kebutuhannya dipenuhi setiap harinya yaitu pengairan, pemupukan, penyiangan dan penyulaman. 

Tahap keempat yaitu pemanenan, secara teknis tanaman TOGA dapat dipanen bila sudah mengeluarkan buah nya ketika sudah berukuran optimal. 

Sekian ulasan saya mengenai Pemanfaatan Lahan Pekarangan Rumah untuk TOGA, postingan saya selanjutnya akan mengulas mengenai jenis-jenis TOGA yang dapat kita budidaya, Have fun farming gaes !

Fermi Mirza
@fermimirza


Sumber :
http://ditajahidah27.blogspot.com/2013/10/budidaya-tanaman-toga.html

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments